Cari Blog Ini

Minggu, 26 Juni 2016

Penyakit Tipus Dan Penyembuhannya Secara Alami (Herbal)




Penyebab Penyakit Tipes dan Cara Menyembuhkannya

Penyebab utama penyakit tipes pada anak maupun dewasa adalah sama, yaitu bakteri dan kuman tipes bernama Salmonella typhosa yang menyerang sistem pencernaan berupa usus halus serta pada peredaran darah penderita sehingga penderita menjadi bermasalah dengan sistem pencernaannya. Bakteri ini muncul bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh penderita serta kondisi tubuh yang rentan diserang bakteri karena tidak fit seperti kelelahan dan stres. Penyakit ini lebih sering menyerang anak anak karena sistem imun mereka masih belum terlalu kuat sehingga bakteri yang ada mudah menyerang.

Sistem pencernaan yang bermasalah akan menyebabkan melemahnya kondisi tubuh sehingga kondisi tubuh yang dilihat dari luar dikatakan sakit. Gejalanya adalah dengan munculnya demam yang tinggi, muntah yang terus menerus, tubuh tidak dapat menerima makanan, infeksi tenggorokan, diare, serta pusing. Hal ini dapat disembuhkan dengan pemberian antibiotik serta penguat sistem imun dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan bersama dengan menjaga kondisi makanan yang tidak menyakiti sistem pencernaan seperti makanan yang mengandung asam yang tinggi dan pedas. Selain itu beristirahat yang cukup juga menjadi salah satu cara untuk mengembalikan kondisi tubuh

Penyakit Tipes Menular atau Tidak?

Banyaknya penderita tipes dalam suatu lingkungan menyebabkan pertanyaan penyakit tipes menular atau tidak muncul di benak beberapa orang. Hal tersebut dikarenakan penyakit yang baru bisa dikatakan sembuh total setelah tidak terdapat gejala tipes setelah 6 bulan dari kondisi badan yang membaik ini menjadi sebuah penyakit yang mengganggu karena dapat menghambat aktivitas sehari-hari.


Manfaat Daun Ruku-ruku dan Cengkeh Sebagai Obat Penyakit Tipes

Cengkeh dan ruku-ruku merupakan tanaman alami yang dipercaya mampu mengobati penyakit tipes dengan efektif karena memiliki berbagai macam manfaat seperti:

Mencegah demam; Daun ruku-ruku atau kemangi dalam bahasa Jawa memiliki kandungan vitamin C alami serta anttipesioksidan yang sangat tinggi dan bisa memperkuat sistem imun untuk mengobati gejalan panas demam yang disebabkan oleh tipes.
Anti inflamasi: Tipes seringkali menimbulkan inflamasi berupa bengkak ataupun gangguan nyeri sendi sehingga tubuh terasa sakit dan tidak bisa digerakkan dengan mudah. Ruku-ruku merupakan obat penyakit tipes pada anak karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat mengurangi inflamasi dan juga nyeri pada persendian tulang.

Manfaat daun ruku-ruku untuk mengobati penyakit tipes


Menjaga tubuh agar tetap hangat: Cengkeh memang memiliki berbagai macam kandungan mineral baik yang cocok digunakan sebagai obat herbal. Untuk penyakit tipes, cengkeh bisa menjaga suhu tubuh agr tetap hangat sehingga penderita tipes tidak akan merasakan kedinginan akibat suhu tubuh yang berubah-ubah.
Ramuan Herbal Sebagai Obat Penyakit Tipes Alami

Untuk bisa digunakan sebagai obat penyakit tipes alami, maka ruku-ruku dan cengkeh harus diolah terlebih dahulu menjadi ramuan herbal sebagai berikut:

Ramuan Cengkeh

Untuk mengobati tipes secara efektif, lakukan beberapa tahap berikut:

Rebus delapan butir cengkeh dalam delapan gelas air sampai mendidih dan air menjadi harum.
Setelah itu, berikan satu cangkir ramuan cengkeh setiap hari pada penderita tipes sehingga perut merasa nyaman dan inflamasi juga bisa reda.
Selain air rebusannya, butiran cengkeh juga bisa dimakan secara langsung sehingga badan terasa lebih hangat.

Khasiat cengkeh sebagai obat penyakit tipes


Ramuan Ruku-Ruku

Obat selanjutnya yang bisa digunakan adalah daun ruku-ruku atau kemangi. Kemangi sendiri mengandung antibiotik alami yang bisa melawan bakteri penyebab penyakit secara efektif; caranya:

Rebuslah sekitar 20 lembar daun kemangi dengan satu sendok teh parutan jahe dalam air panas.
Rebus sampai mendidih dan air hanya tersisa setengah bagian
Tidak perlu menambahkan madu atau pemanis lainnya karena hal itu bisa merusak kandungan alaminya
Berikan pada penderita tipes untuk diminum sekitar 2 sampai dengan 3 kali sehari sampai kondisi membaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar