Cari Blog Ini

Jumat, 17 Juni 2016

Penyakit Sinus, Flu (Selsema) Dan Penyembuhan Secara Alami



Banyak orang yang menganggap sinus sama seperti pilek atau radang karena sangat mengganggu saluran pernapasan. Jika dibiarkan, maka penyakit sinus bisa bertambah parah sehingga biaya pengobatannya pun lebih mahal. Hanya minum obat flu saja tidak cukup untuk menyembuhkannya apalagi obat-obatan mengandung efek samping berbahaya jika diminum terus menerus.

Bahan Alami Sebagai Obat Penyakit Sinus

Ada banyak bahan-bahan alami yang disesuaikan untuk penyakit sinusitis dan pengobatannya. Bahan-bahan herbal tersebut bisa didapatkan di mana saja dan sangat mudah untuk mengolahnya. Berikut ini beberapa cara mengobati sinus dengan bahan alami:

Daun sambiloto

Daun sambiloto sudah dikenal sejak dahulu memiliki khasiat untuk menyembuhkan sinusitis. Anda bisa mengambil beberapa daun sambiloto dan menghancurkannya dengan ulegan atau sendok sampai daun mengeluarkan air. Teteskan 3 kali air tersebut ke dalam lubang hidung Anda. Gunakan 2 hari sekali untuk penyembuhan sempurna.

Cuka sari apel

Cuka apel berfungsi untuk menipiskan lendir yang padat di dalam saluran pernapasan Anda sehingga lendir bisa dihilangkan dengan cepat. Anda bisa mencampurkan 2 sendok teh cuka apel dengan satu gelas sari apel dan satu sendok teh madu. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari dan lakukan selama 5 hari berturut-turut.

Bawang putih dan bawang merah

Kedua bawang tersebut merupakan bahan ampuh yang berfungsi sebagai anti bakteri untuk menyembuhkan sinus. Jika Anda tidak bisa mengkonsumsinya secara langsung, maka Anda bisa membuat sup sayuran dengan banyak cincangan bawang putih dan merah di dalamnya.

Propolis atau air liur lebah

Propolis sangat cocok untuk Anda yang mengidap penyakit sinus hidung. Propolis dapat bekerja untuk memperbaiki sistem tubuh dan juga melawan virus serta jamur yang menyebabkan penyakit tersebut. Anda bisa meneteskannya satu kali sehari ke dalam hidung atau memasukkan propolis sebanyak 5 tetes ke dalam setengah gelas air. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Oregano

Oregano biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan. Namun oregano mengandung zat anti nanah yang tinggi sehingga memberikan kelegaan pada saluran pernapasan. Anda bisa mengambil beberapa gram oregano dan dijadikan teh. Hirup aroma teh tersebut sebelum diminum. Bisa juga Anda teteskan ke hidung sebanyak 2 kali atau dicampur ke dalam makanan dengan jumlah yang banyak.

Eukaliptus atau minyak kayu putih

Minyak kayu putih mampu melegakan pernapasan sekaligus menghilangkan lendir yang ada dalam saluran hidung. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di kening atau di sisi kepala untuk meredakan pusing. Selain itu, Anda juga bisa meneteskan beberapa tetes minyak tersebut ke dalam air hangat dan digunakan sebagai kompres dan pembasuh hidung.

Semoga cara-cara tersebut bisa membantu Anda untuk meredakan dan menyembuhkan penyakit sinus secara alami tanpa efek samping. Hal yang paling penting adalah untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri supaya sistem imun kebal dari virus dan bakteri penyakit.


Dalam penyakit sinusitis dan pengobatannya dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan ekstra karena penyakit sinusitis memang harus diobati secara rutin. Jika pengobatan yang dilakukan berhenti di tengah jalan maka penyakit sinusitis besar kemungkinannya akan kambuh lagi. Ada beberap cara pengobatan yang dapat dilakukan pada penderita sinusitis dengan cara yang tradisional dan mudah dilakukan

Air hangat
Cara ini sangat mudah dilakukan yaitu dengan cara menkonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Rambut silia yang biasanya terdapat lendir akan segera mengeluarkan lendir dari hidung ketika tubuh merasa hangat. Lakukanlah secara rutin setiap hari.

Menghirup uap air hangat
Pertama siapkan air satu gayung ditambah garam kemudian rebus sampai mendidih. Setelah mendidih hiruplah uap dari air panas tersebut secara dalam-dalam. Akan lebih baik jika menggunakan handuk yang dicelupkan pada air panas tersebut kemudian diikatkan ke kepala dan hirup uap yang dihasilkan sampai handuk terasa dingin. Lakukanlah secara rutin 3 kali sehari sampai sinusitis mereda.

Mengompres dengan air hangat
Cara ini dapat dilakukan dengan mengompres wajah dengan air hangat. Gunakan handuk kecil dan ditempatkan pada area sekitar pipi. Hal ini akan mendorong rambut silia untuk mnegeluarkan lendir dari sekitar mata dan dari dalam hidung. Lakukanlah secara rutin.

Selain melakukan hal diatas penderita penyakit sinusitis dan pengobatannya juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat menyembuhkan sinusitis, diantaranya adalah :

Makanan yang berbahan teripang
Para penderita sinusitis dapat mengkonsumsi teripang secara mentah atau dalam olahan masakan yang disukai. Atau bisa juga mengkonsumsi ekstrak teripang yang banyak dijual di apotek terdekat.

Makanan dengan vitamin C
Selain dapat mengobati sinusitis vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ada banyak makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti jeruk, apel, pome, cabai dll.

Penyakit sinusitis dan pengobatannya juga dapat dilakukan dengan mengurangi kontak tubuh dengan polusi seperti debu dan asap kotor yang dapat memperparah penyakit yang satu ini. para penderita sinusitis juga dianjurkan untuk tidak tidur dengan menggunakan kasur yang berbahan kapuk kapas karena akan menimbulkan debu yang akan dihirup oleh penderita dan akan memperparah penyakit sinusitis. Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengobati penyakit sinusitis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar