Cari Blog Ini

Sabtu, 25 Juni 2016

Penyakit Cacar Dan Penyembuhannya Secara Alami




Cacar air atau chicken pox dikenal dengan bahasa medis Varicella Simplex. Virus Varicella yang mudah tersebar melalui udara ini biasanya akan memberikan tanda bahwa dia sudah menyerang korbannya dalam waktu 2 sampai 3 minggu. Korban yang terserang cacar air ini badannya akan terasa panas, namun bukan seperti demam biasa.

Pada kondisi awal penderita akan merasa seperti demam, pilek, cepat lelah, lemah dan lesu. Pada kondisi yang ekstrem, pasien bisa menderita sakit pada persendian dan sakit kepala. Kemudian setelah beberapa hari muncullah bintik kemerahan pada kulit sekitar dada, punggung dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Bintik merah tersebut lalu berubah menjadi bintil yang berisi cairan dan biasanya terasa gatal. Hal inilah yang menyebabkan penderita cacar air, terutama anak-anak, akan merasa gatal dan menggaruknya hingga pecah.

Penanganan Penyakit Cacar Air Pada Anak membutuhkan perhatian ekstra dan ketelatenan dari orang yang merawat. Sebab seringkali anak akan mengeluh karena tubuhnya gatal dan perih di saat yang bersamaan. Namun sebagai orang tua, Anda wajib tetap memberikan asupan gizi yang sehat dan berusaha membuat anak untuk istirahat yang cukup. Karena peningkatan kekebalan tubuh adalah obat terbaik bagi segala penyakit termasuk cacar air.

Penyakit Cacar Air Pada Balita bisa dihindari dengan bantuan imunisasi, dengan cara menyuntikkan vaksin cacar ke dalam tubuh balita Anda. Namun jika sudah terlanjur terinfeksi maka penanganannya harus lebih ekstra ketimbang pada anak yang berusia 5 tahun ke atas. Karena balita masih sulit untuk berkomunikasi sehingga yang mungkin terjadi adalah balita Anda akan sering menangis dan amat sulit untuk memberikan pengertian kepada balita agar jangan menggaruk bintil cacarnya karena bisa menyebabkan infeksi yang lebih lanjut.

Penyakit Cacar Air Dan Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Berobat ke dokter, karena dokter akan memberikan obat tertentu untuk menekan pertumbuhan virus Varicella dan memberikan vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
Selain itu mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan seperti tomat dan jambu merah juga dipercaya membantu mendongkrak daya tahan tubuh.
Usahakan tetap menjaga kesehatan kulit dengan tetap mandi selama terserang cacar. Karena mandi akan membantu mengurangi kemungkinan infeksi lanjutan yang disebabkan oleh terbukanya bintil cacar akibat digaruk.
Penyakit Cacar Air merupakan penyakit yang umum dan bisa menyerang siapa saja terutama yang belum pernah terinfeksi. Oleh karena itu selalu menjaga kebersihan dan kekebalan tubuh adalah cara terbaik untuk mencegah terserang cacar air, terutama jika Anda belum pernah terinfeksi.


Cara Mengobati Penyakit Cacar Dengan Bahan Alami

Masih banyak orang yang percaya bahwa penyakit cacar air pada orang dewasa sangat cocok jika diobati dengan bahan-bahan alami sehingga bentolan cacar cepat kering dan tidak membekas. Bahan alami juga dinilai lebih baik daripada penggunaan salep berikut ini adalah bahan tersebut:

Jagung Muda

Orang tua jaman dahulu selalu menggunakan jagung muda sebagai penyembuh sekaligus penghilang bekas cacar pada tubuh. Cukup parut saja beberapa jagung muda dan tumbuk hingga menjadi hancur. Oleskan pada seluruh tubuh yang terkena bintik-bintik cacar dan tunggu hingga mengering. Bersihkan dengan menggunakan lap hangat namun tidak perlu membilas seluruh badan sebab penderita cacar tidak boleh terlalu sering terkena air karena akan menimbulkan rasa gatal.

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda khususnya kelapa muda hijau memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang banyak untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Air kelapa juga bisa menghilangkan rasa gerah dan panas akibat cacar. Oleskan juga air tersebut ke seluruh tubuh yang dipenuhi bintik supaya cepat mengering dan juga mengecil.

Lada

Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, lada juga bisa menyembuhkan cacar dan juga bekas lukanya. Lada tidak akan menimbulkan rasa perih dan juga pedas bila dioleskan pada kulit yang dipenuhi bintik air tersebut. Bersihkan lebih dahulu kulit yang terkena cacar kemudian taburkan atau oles bubuk lada pada seluruh tubuh yang dipenuhi bintik. Anda bisa mencampurkan lada tersebut dengan bedak anti gatal atau bedak dingin sehingga Anda tiak ingin menggaruknya.

Mengkudu

Mengkudu memang terkenal baik untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit. Untuk menyembuhkan cacar khusunya penyakit cacar air pada anak, maka Anda harus meminum ramuan tersebut 3 kali dalam sehari. Cuci bersih buah mengkudu sebanyak 30 gram kemudian haluskan dengan blender. Apabila rasanya pahit dan anak-anak juga tidak menyukainya, maka tambahkan beberapa sendok madu ke dalamnya. Madu sendiri juga berkhasiat untuk menyembukan cacar.

Air Kacang Polong

Kacang polong mengandung vitamin A dan juga asam folat yang tinggi. Air kacang polong berfungsi untuk menyembuhkan iritasi kulit yang disebabkan oleh cacar. Rendam atau rebuslah kacang polong sampai matang, kemudian gunakan air rebusan kacang untuk dioleskan ke bagian kulit yang terkena bintik-bintik.

Praktekkan cara menyembuhkan penyakit cacar dengan bahan alami tersebut setiap hari sehingga bintik-bintik bisa cepat mengering dan tidak akan meninggalkan bekas pada kulit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar