Cari Blog Ini

Selasa, 05 Juli 2016

Penyakit Mata Ikan Dan Cara Mencegahnya



Penyakit mata ikan memang tidak seperti penyakit kanker atau jantung yang merupakan bahaya lainnya. Penyakit kulit tersebut disebabkan karena hal sepele, misalnya memakai sepatu ukuranyya terlalu kecil, gesekan benda keras dalam waktu lama, dan lain-lain. Penyebab ringan penyakit kulit tersebut dapat menyebabkan sebuah benjolan pada jari kaki, tangan, sela-sela jari kaki, dan telapak tangan. Benjolan inilah dinamakan mata ikan dan biasanya akan terasa sakit apalgi jika terkena gesekan rasa sakitnya bertambah.Bahkan mata ikan bisa berkembang menjadi lebih parah sehingga sulit dihilangkan.


Mata ikan dalam bahasa kedokteran disebut clavus penyebabnya cukup sepele yang telah disebutkan. Namun, ada penyebab khusus dari penyakit mata ikan di tangan ataupun di kaki yang harus dipahami karena dapat membuat mata ikan sangat sulit dihilangkan yaitu Human Papilloma Virus (HPV). HPV merupakan virus menginfeksi kulit kaki, jari, tumit, dan telapak kaki yang menyebabkan mata ikan.

Tidak Semua Benjolan Di Kaki Termasuk Penyakit Mata Ikan

Terkadang di bagian tubuh Anda terdapat benjolan tapi tidak terasa sakit, sering menduga benjolan adalah mata ikan. Supaya tidak salah persepsi, memahami tanda penyakit mata ikan di kaki dan bagian tubuh sangat penting. Mata ikan ditandai dengan kulit mulai menebal kemudian membentuk benjolan ukuran kecil, terkadang terasa sakit saat ditekan dan digesek benda keras. Jika letak mata ikan ada di kaki untuk berjalan saja akan sakit. Mata kaki akan terlihat seperti benjolan keras tapi bagian lainnya seperti iritasi lembut.


Untuk mencegah agar Supaya tidak timbul mata ikan pada bagian kaki, harus memperhatikan alas kaki yang digunakan. Alas kaki tidak boleh sempit dan harus nyaman saat dipakai serta rutin mengganti kaos kaki. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak terkena mata ikan.

Cara Mengatasi Penyakit Mata Ikan

Rasa nyeri terkadang dirasakan dan terkadang tidak dirasakan bagi penderita. Anda harus segera mengobatinya saat terasa nyeri, sakit saat berjalan, dan rasa tidak wajar lainnya sekitar mata ikan. Namun, bagi Anda yang memiliki mata ikan jangan bersedih hati karena ada cara mengobati penyakit mata ikan secara alami.

Berikut adalah cara mengatasi mata ikan dengan bahan alami yang mudah ditemukan:

Getah papaya
Bahan-bahan alaminya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar Anda yaitu dengan getah papaya. Cara dengan rendam bagian tubuh yang terdapat mata ikan dalam air hangat dicampur garam. Rendam selama 15-20 menit kemudian keringkan dan olesi dengan getah pepaya tepat pada mata ikan. Untuk sementara bagian tubuh yang terdapat mata ikan harus dihindari dari gesekan secara langsung. Anda dapat mengulanginya beberapa kali jika belum terasa ada perubahan.




Bawang putih
Selain menggunakan getah papaya ada cara lainnya yaitu dengan bawang putih. Tentu saja bawang putih pasti ada di dapur Anda karena salah satu bumbu dapur sering dipakai memasak. Menggunakan bawang putih juga merupakan cara mudah menghilangkan mata ikan. Dikarenakan hanya dengan bawang putih satu siung, oleskan langsung bawang putih pada mata ikan kemudian bungkus menggunakan perban.



Getah kamboja
Cara mengatasi mata ikan menggunakan bahan alami lainnya yaitu dengan pohon kamboja. Cara ini juga tergolong mudah karena langsung dioles pada bagian mata ikan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar